Artikel islam dan lingkungan hidup


PESONA ALAM PANTAI SARI RINGGUNG


        Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir dan terdapat didaerah pesisir laut. Daerah pantai sebagai batas antara daratan dan perairan laut,panjang garis pantai ini diukur mengelilingi seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.

       Pantai merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk menghabiskan liburan,menenangkan pikiran akan penat nya pekerjaan.salah satu tempat yang yang terkenal disumatra adalah pantai laut sari ringgung.pantai yang terletak didaerah pesawaran lampung ini sangat menyuguh kan pandangan yang indah.pasir hitam dan air jernih terhampar luas sejauh mata memandang.ombak yang begulung-gulung datang silih berganti menabrak batu-batu besar dipinggir pantai menyambut para wisatawan seakan-akan mengajak untuk bermain dan berenang.panasnya terik matahari terkalahkan oleh sejuknya air laut yang dingin. Dingin nya ombak yang menghempas tubuh dan air laut yang terasa asin saat masuk kedalam mulut menambah keasikan saat bermain dipantai laut Sari Ringgung.

        Disebelah kiri dari pantai terdapat tempat yang sudah tidak asing lagi yaitu Pasir Putih. Pasir Putih ini sudah menjadi primadona wisata dipantai Sari Ringgung sesuai dengan namanya tempat ini memiliki pasir yang berwarna putih,terumbu karang kecil dan air yang benar-benar jernih.sangking jernihnya kita dapat melihat terumbu karang didasar laut dan juga ikan-ikan yang tengah menari indah diantara terumbu karang dilihat dari atas perahu.banyak diantara para wisatawan memilih untuk berenang kebawah laut agar mereka dapat menikmati indah nya dunia dibawah air. Tidak hanya menggunakan perahu,dengan berenang kebawah laut kita dapat ikut menari bersama ikan-ikan diantara terumbu karang.

        Kawasan yang asri dengan penguni aslinya yaitu monyet akan menyambut para wisatawan dari dalam cagar alam. Kehadiran monyet terkadang membuat para wisatawan menjadi takut untuk berkeliling,namun itu tidak mengurangi rasa penasaran pengunjung untuk tetap berkeliling menikmati indah nya pemandangan yang ada disekitar pantai yang sangan indah.

       Ada banyak sekali manfaat pantai bagi kehidupan manusia, berikut ini adalah manfaat dari pantai:
      1. Manfaat pantai yang pertama sebagai tempat rekreasi,pantai meruapakan salah satu lokasi yang indah dan juga menakjubkan,pantai sudah pasti menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal maupun mancan negara untuk berekreasi.
      2. Yang kedua sering dimaanfaatkan orang untuk lokasi berfoto,pantai yang memiliki dataran yang luas dan dikelilingi ombak dan pemandangan yang indah,banyak krang yang datang kepantai ini yang tidak hanya sekedar menikmati wisata alam yang indah biasanya banyak yang memanfaatkan untuk berfoto-foto bersama teman-teman,keluaga dan orang-orang terdekat.
      3. Yang ketiga adalah sebagai sumber ketenangan batin,bagi yang sedang memiliki masalah dan juga sedang mencari solusi dari masalah anda,salah satunya mencari ketenangan batin sehingga akan memperoleh pikiran yang jernih dan bisa menyelesaikan masalah yang anda hadapi.
      4. Yang keempat sebagai lokasi tempat tinggal para nelayan,tidak hanya sebagai lokasi wisata pantai juga meruapakan salah satu lokasi yang biasa menjadi tempat tinggal para nelayan atau pelaut yang mencari mata pencaharian dipantai,biasanya dibangun tempat tinggal agar lokasinya tidak terlalu jauh sehingga bisa menambah uang pemasukan para nelayan.
       5. Dan yang kelima sebagai habitat dari hewan-hewan ampibi,banyak sekali hewan yang hidup diair yang bergantung hidupnya dipantai,laut dan danau seperti kepiting,cumi-cumi,ubur-ubur dan hewan lainya.

       Salah satu sisi keakurasian Al-Quran dalam berbicara mengenai laut dan samudera terlihat juga dari perbandingan jumlah ayat.

       Dalam Alquran terdapat 32 ayat yang menyebut kata 'laut'. Sedang kata 'darat' terkandung dalam 13 ayat Alquran. Jika dijumlahkan, keduanya menjadi 45 ayat. Angka 32 itu sama dengan 71,11 persen dari 45. Sedang 13 itu identik dengan 28,22 persen dari 45. Berdasarkan ilmu hitungan sains, ternyata memang 71,11 persen bumi ini berupa lautan dan 28,88 persen berupa daratan.

      Perbandingan soal ayat laut dan soal ayat darat yang ternyata sama dengan perbandingan laut dan darat di bumi itu jelas sengaja diciptakan Allah SWT. Hal ini menjadi bukti kuat bagi keaslian Al Quran.

      Temuan-temuan sains tentang lautan, ternyata telah diungkapkan oleh Alquran sejak 15 abad yang lalu. Simaklah Surat An Nahl ayat 14,surat fatir ayat 12,dan surat almaidah ayat 96 berikut ini:

Q.S.An Nahl ayat 14 berikut:

وَهُوَ الَّذِي سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُوا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Dan Dialah Allah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar, dan kamu mengeluarkan dari lautan perhiasan yang kami pakai. Kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya supaya kamu bersyukur".

Q.S. Fatir ayat 12 berikut:

وَمَا يَسْتَوِي الْبَحْرَانِ هَٰذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ سَائِغٌ شَرَابُهُ وَهَٰذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ ۖ وَمِنْ كُلٍّ تَأْكُلُونَ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُونَ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا ۖ وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur”.

Q.S Almaidah ayat 96 berikut:

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

“Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan”.

        Selain menjadi bukti kuat bagi keaslian Al-Quran, laut juga menjadi sumber penghidupan yang sangat kaya. Keberadaan wilayah laut, bisa menjadi salah satu penentu tingkat ekonomi sebuah negara.

       Oleh karena itu,wisata alam ini tidak pernah absen dari pengunjung,terutama pada saat libur panjang mereka bermain pasir,berenang,bermain watersport,berlari-lari dipinggir pantai, berkeliling objek wisata yang terdapat disana atau sekedar berfoto dengan berlatarkan pantai, itulah Pantai Sari Ringgung yang indah di daerah Pesawaran, Lampung.

Komentar